Dukung Pengembangan Pariwisata, Dishub KP Pasang Alat Perlengkapan Jalan

 

Kabupaten Kulon Progo memiliki potensi wisata yang sangat menarik. Beberapa potensi obyek wisata alam tersebut banyak berlokasi di pegunungan Menoreh. Dengan banyaknya kelokan/tikungan tajam, tanjakan dan turunan, risiko kecelakaan sangat tinggi sehingga dimungkinkan terjadi kecelakaan saat wisatawan mengunjungi obyek wisata.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk mengantisipasi hal tersebut, melalui anggaran APBD kegiatan Perlengkapan Jalan, Dinas Perhubungan Kulon Progo telah melaksanakan survai dan menentukan titik-titik rawan kecelakaan Lalu lintas. Beberapa titik rawan yang di survai dan memenuhi syarat pemasangan Guardrail antara lain: ruas jalan Giripurwo – Goa Kiskendo, dan tikungan di ruas jalan menuju obyek wisata Kedung Pedut.

 

 

Kondisi riilnya masih banyak titik rawan yang sangat perlu dipasang Guardrail, namun karena badan jalan sempit dan tidak ada dudukan/alas pondasi untuk pemasangannya, terpaksa belum bisa dipasang. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sementara Dishub KP memasang rambu peringatan ssehingga pengendara lebih berhati-hati dan mengurangi kecepatan saat melewati titik-titik rawan dimaksud. Supaya guardrail tersebut bisa dipasang, perlu koordinasi dengan Dinas terkait agar ada tindakan pembuatan talud ataupun tindakan pendukung lainnya.

 

 

 

Harapan Dinas Perhubungan KP, tindakan pro aktif dari masyarakat sangat dibutuhkan supaya alat perlengkapan jalan yang dibangun tetap terpelihara, dan mampu memberikan kenyamanan serta keamanan bagi seluruh pengendara baik wisatawan maupun masyarakat sekitar.