JADI SAKSI AHLI KECELAKAAN LALU LINTAS, ASN DISHUB SUPPORT TUGAS POLRI

 

Tertib ber lalu lintas merupakan perilaku yang diharapkan pihak Kepolisian, Dinas Perhubungan maupun pengguna jalan lainnya. Dengan berkendara secara tertib, diharapkan semua pengguna jalan mendapatkan rasa aman  saat berada di jalan raya.

 

Dalam menciptakan rasa aman tersebut Dinas Perhubungan baik di Tingkat Pusat, Provinsi maupun di Kabupaten telah melengkapi semua alat perlengkapan jalan baik Apill, Guardrail, marka jalan, LPJU maupun rambu-rambu lainnya sehingga pengaturan yang diterapkan membantu  pengguna jalan.

 

Dalam kenyataannya masih sering terjadi kecelakaan lalu lintas baik di jalan Nasional, Jalan Provinsi maupun Jalan Kabupaten.  Berdasarkan hasil survei, terjadinya lakalantas disebabkan beberapa hal antara lain, tidak layaknya kendaraan, tidak layaknya kondisi jalan dan factor Human error/kesalahan pengendara. Jika terjadi kecelakaan yang fatal bahkan kadang mengakibatkan korban jiwa, seringkali muncul  permasalahan antara kedua belah pihak yang mengalami kecelakaan sehingga diperlukan tenaga ahli untuk mengurai permasalahan penyebab terjadinya kecelakaan.

 

Dalam penyelesaian kasus kecelakaan tersebut, Dinas Perhubungan Kulon Progo selalu diminta jajaran Polri (Polres Kulon Progo) untuk mengirimkan tenaga ahli yang berbasis Pendidikan Transportasi Darat. Tugas tenaga ahli tersebut membantu menganalisa, mengurai penyebab terjadinya kecelakaan sehingga semua analisis yang tertuang di Berita Acara Pemeriksaan dapat digunakan di persidangan.