DISHUB KP KOMITMEN UNTUK TINGKATKAN PELAYANAN

 

Dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan meminimalkan angka kecelakaan lalu lintas, serta untuk meningkatkan ketertiban ber lalu lintas,  Dinas Perhubungan Kulon Progo melalui personilnya secara periodik melakukan pemantauan, perawatan dan perbaikan alat perlengkapan jalan yang terpasang di berbagai wilayah di Kulon Progo.

 

Bentuk perawatan tersebut adalah dengan selalu memantau dan melakukan perbaikan serta  secara aktif menerima laporan dari warga masyarakat terhadap kerusakan atau tidak berfungsinya traffic light, LPJU maupun perlengkapan lainnya yang menjadi kewenangan Dinas Perhubungan. Untuk itu, peran serta masyarakat dalam memberikan informasi terhadap kerusakan alat perlengkapan jalan sangat diharapkan oleh  Dinas Perhubungan Kulon Progo. Selain itu Dinas juga berharap, masyarakat ikut menjaga dan memelihara rambu dan alat perlengkapan jalan  tersebut sehingga secara fungsional tetap mampu memberikan manfaat kepada seluruh pengguna jalan.

Tahun 2018 ini, Anggaran pemeliharaan melalui APBD Kabupaten Kulon Progo senilai   Rp. 92.225.000,- dalam kegiatan Belanja Pemeliharaan Alat Pengatur Lalu Lintas. Sedangkan untuk pembangunan perlengkapan jalan anggaran APBD Kulon Progo untuk Dinas Perhubungan senilai Rp. 561.842.000,-. Anggaran tersebut,  baik pemeliharaan ataupun pembangunan ini sangat jauh dari mencukupi sehingga diharapkan anggaran ini tahun demi tahun semakin meningkat.

Beberapa kebutuhan perlengkapan yang belum terpenuhi antara lain Marka Jalan, Guardrail, rambu lalu lintas dan suku cadang untuk penggantian peralatan yg rusak ataupun sudah usang dan kurang berfungsi dengan baik. Besar harapan Dinas Perhubungan Kulon Progo, anggaran tersebut bisa ditingkatkan sejalan dengan perkembangan kepadatan dan aktifitas lalu lintas di Kulon Progo.