DISHUB TURUNKAN PERSONIL PENGALIHAN ARUS TERKAIT PEMBANGUNAN BANDARA

 

Selama kurun waktu 8 hari, mulai  tanggal 26 maret 2018 sampai dengan tanggal 2 April 2018, sesuai permintaan dari PT Angkasa Pura I, Dinas Perhubungan Kulon Progo kerahkan personil untuk pengalihan arus, pengamanan jalan serta sosialisasi di lokasi terkait dengan pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA).

 

Seperti rencana semula, sejak 26 Maret 2018, dalam rangka percepatan pembangunan Bandara NYIA, Pihak Angkasa Pura I sesuai ijin dari Polda tertanggal 22 Maret 2018, mulai melaksanakan pengalihan arus di jalan Daendels Ruas Jalan Glagah - Glaheng Sindutan. Bekerjasama dengan petugas dari Polres Kulon Progo, petugas Dinas Perhubungan Kulon Progo dengan aksi simpatik melakukan penjagaan di depan portal penutupan dan penunjuk arah untuk mengalihkan rute dari Brosot di sisi timur  dan rute Glaheng ke timur dari arah barat untuk diarahkan melalui jalan Nasional/Negara.

Sebelum pengalihan arus tersebut, pihak Angkasa Pura I bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kulon Progo dan Polres Kulon Progo telah mengadakan sosialisasi selama 2 minggu baik secara surat menyurat ke Kecamatan dan Desa terdampak pengalihan arus, serta menggunakan banner-banner pesan pengalihan arus di beberapa titik persimpangan jalan baik di arah timur maupun di arah barat Kawasan Glagah – Glaheng.

Dari survei singkat yang dilakukan Andi Istungkoro di hari pertama dan Daryono di hari ketiga,  terlihat kemajuan yang cukup signifikan dengan dipasangnya banner di beberapa titik tersebut. Di hari pertama hanya ada 1 truk tronton yang “nyasar” melewati ruas jalan Brosot Glagah dari arah timur. Sedangkan di hari kedua dan ketiga sudah tidak ada lagi kendaraan besar dan kendaraan berat yang melewari ruas jalan baik dari arah timur maupun dari arah barat. Diharapkan sosialisasi tersebut sudah diketahui masyarakat pengguna jalan secara luas sehingga sudah tidak ada lagi kendaraan besar/truk/bus yang “nyasar”.