Tingkatkan Pengelolaan Data, Dishubkominfo canangkan Gerakan Sadar Data

Data yang valid dan konsisten memiliki peran yang sangat strategis dalam pelaksanaan program kegiatan. Bahkan sejak perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pengendalian membutuhkan dan sangat bergantung pada data.

Menyadari hal tersebut pada Selasa, 8 November 2016 yang lalu Kepala Dishubkominfo Kabupaten Kulon Progo berinisiatif mencanangkan Gerakan Sadar Data. Dalam pengarahannya, Kadishubkominfo memaparkan peran penting data perlu diperhatikan, bahwa saat ini data seringkali dianggap merepotkan, sedangkan tanpa data kita ibarat berjalan di kegelapan. Maka dimulai dari Dishubkominfo marilah bersama bangun menuju sadar data. Data dan informasi yang lengkap dan update akan memenangkan dalam setiap peperangan.

Prinsip pengelolaan data menggunakan fungsi Statistik: pengumpulan, pengolahan dan penyajian. Selanjutnya manajemen data mulai dari Planning Organizing Actuating dan Controlling dalam pengelolaan data. Disampaikan ada cerita unik dimana Johan Budi SP bersedia menjadi juru bicara Kepresidenan dengan syarat mempunyai akses langsung dengan Presiden, hal ini juga menguatkan bahwa pentingnya data dimana dari sumbernya langsung karena akses data lengkap dan strategis agar mampu menjawab dengan konkrit.

Kegiatan ini juga diisi dengan Bimbingan Teknis Pengelolaan Data dengan narasumber Rachmawati, SST, MM Kepala Seksi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik BPS Kulon Progo. Dalam paparannya narasumber menjelaskan pengelolaan data mulai dari Perencanaan, Pengumpulan data, Pengolahan data, Penyajian data dan Analisis data. Dilanjutkan dengan tanya jawab. Narasumber menyarankan penetapan kondisi dan definisi (kondef) pada setiap data, disamping mengapresiasi kegiatan ini juga telah dibentuknya Kelompok Kerja Data yang akan mendukung pengelolaan data kearah lebih baik lagi.