Minggu Puncak Arus Balik, Belasan Ribu Kendaraan Melintasi Kulon Progo

H+5 lebaran atau Minggu (10/7/2016) belasan ribu kendaraan terpantau sudah melintas jalur selatan Jawa. Dari posko monitoring angkutan lebaran Dishubkominfo Kabupaten Kulon Progo, terpantau lebih dari 14.023 kendaraan mulai meninggalkan Kulon Progo menuju arah Jakarta dan sekitarnya.

Hal ini, dibenarkan oleh Kabid Angkutan Terminal dan Perparkiran Dishubkominfo, Joko Tri Hatmono. Hingga pukul 15.00 WIB lebih dari dua belas ribu kendaraan sudah terpantau melintas kulonprogo dan mengarah tujuan Jakarta.

”Ini sepeti yang sudah kita prediksi bahwa hari ini menjadi puncak arus balik libur lebaran,” papar Joko Tri Hatmono.

Sedangkan dari data di Posko Monitoring Angkutan Lebaran, hingga pukul 15.00 WIB terdapat 225 bus AKAP, 6235 mobil pribadi dan 7563 sepeda motor yang sudah melintas di jalur selatan Kabupaten Kulonprogo. ”Jumlah itu masih bertambah sampai malam nanti dan senin dini hari besok. Kalau siangnya mungkin sudah terjadi penurunan,” tambah Joko Tri Hatmono.

Dengan adanya peningkatan volume kendaraan, jumlah personil yang bertugas juga ditambah menjadi sembilan orang personil. ”Petugas yang kita terjunkan selain mengurai kemacetan, juga memonitor volume kendaraan, serta mengatur rekayasa arus lalin yang kita terapkan sejak H-7 lalu,” pungkas Joko Tri Hatmono.

sumber: www.sorotkulonprogo.com