Cara Aman Berkendara

Tips Aman Saat Berkendara Di Jalan

Kepadatan arus lalu lintas di jalan Nasional wilayah Kulon Progo, saat ini menunjukan peningkatan yang luar biasa. Hal ini tidak lain karena dampak perbaikan Jembatan Comal yang rusak. Truck tronton dan kendaraan berat beralih melalui jalur selatan, kondisi seperti ini perlu di antisipasi karena selain mengancam infrastruktur juga rawan kecelakaan. Mulai dari diri sendiri marilah menjaga agar tertib berlalu lintas dengan beberapa cara aman berkendara berikut :

1. Waspada Saat  Di lampu Lalu Lintas

Sering kita lihat, pengendara motor atau mobil melihat lampu lalu lintas yang diarah lain. Misalkan saat di perempatan, pengendara lihat lampu lalu lintas yang ditujukan pada arah sebelah kanan kita sudah berwarna kuning, maka pengendara langsung bersiap menggeber gas. Hal ini sangat berbahaya karena dari arah tersebut bisa saja masih ada kendaraan yang menerobos lampu kuning. Jadi saat kita dihadapkan pada lampu lalu lintas, perhatikan saja lampu yang ada dihadapan kita. Saat sudah menyala hijau baru kita berjalan, tentu saja dengan tetap memperhatikan kondisi lalu lintas di sekitarnya.

2. Waspada Saat Melintas Didekat Mobil

Hati hati jika kita akan melintas di dekat mobil, karena bisa saja penumpang mobil tsb berhenti tiba-tiba dan membuka pintu atau berbelok tiba-tiba. Usahakan saat kita melintas didekat mobil, kita berada pada jangkauan penglihatan kaca spion mobil tsb sehingga pengendara mobil mengetahui keberadaan kita.

3. Waspada Saat Melintas Didekat Mobil Yang Berhenti

Saat melintas dekat mobil yang berhenti, kita tidak tahu apa yang ada didepan mobil. Bisa saja ada orang yang akan menyeberang sehingga mobil tsb berhenti. Jadi coba untuk memperlambat kendaraan dan memastikan jalan dalam kondisi aman.

4. Waspada Saat Berkendara Disamping Mobil Disisi Dalam Tikungan

Ketika mobil berbelok ditikungan, sisi belakang mobil cenderung semakin rapat kesisi dalam karena perbedaan radius putar antara ban depan dan belakang, sehingga tidak aman bagi motor untuk berada disi dalam tikungan saat mobil menikung.

5. Jangan Mendahului Mobil Yang Tidak Aman

Mendahului mobil pada posisi yang tidak memungkinkan kita melihat kondisi lalu lintas didepan sangat berbahaya, contohnya :

        - Saat berada ditikungan
        - Saat di puncak tanjakan
        - Dalam terowongan tanpa pembatas jalur
        - Dekat persimpangan jalan
        - Dalam kompleks perumahan atau dekat sekolah dimana anak-anak banyak bermain

6. Waspada Saat Melintas Diantara Mobil Dalam Antrean

Saat melintasi diantara mobil dalam antrean, bunyikan klakson bila siang hari dan nyalakan lampu jauh bila malam hari sesering mungkin untuk memberikan perhatian dan jangkauan penglihatan kaca spion bagi kedua jalur mobil yang kita lintasi sehingga pengendara mobil mengetahui keberadaan kita.

Semoga cara aman berkendara di atas dapat membantu anda menjadi manusia yang tertib berlalu lintas.