Pembersihan Sampah Visual yang Mengganggu Fungsi Perlengkapan Jalan

Selasa, 26 Januari 2016 Dishubkominfo melakukan operasi pembersihan sampah visual (banner, pamphlet, papan iklan, reklame, dll) yang mengganggu fungsi fasilitas jalan dan rambu-rambu lalu lintas di sepanjang Jl. Diponegoro, Jl. Makam Pahlawan, Jl. Wates Purworejo, Jl. Pengasih Baru, dan Jl. Mandung. Operasi tersebut dilaksanakan sesuai dengan UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pasal 28 ayat 2  dan Peraturan Bupati Kulon Progo No. 51 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Penyelenggaraan Reklame.

Operasi pembersihan sampah visiual dilaksanakan oleh bidang Dalops Dishubkominfo Kulon Progo dengan beranggotakan 5 orang yang dipimpin oleh Kabid Dalops Dishubkominfo, R. Sigit Purnomo, SIP.  Beliau menegaskan “Operasi pembersihan sampah visual ini diselenggarakan agar fasilitas jalan  trafick light, lampu penerangan jalan umum, rambu rambu lalu lintas berfungsi dengan semestinya tanpa gangguan dari sampah visual dan kegiatan ini akan terus dilakukan”. Dari hasil operasi ditemukan spanduk,  banner yang terpasang pada lampu penerangan jalan umum, stiker yang menutupi rambu petunjuk “Belok Kiri Jalan Terus”, pamflet yang terpasang di bawah rambu “Hati-Hati”, dll.  Petugas Dalops langsung melakukan pembersihan dan penurunan sampah visual. Dari penyelenggaraan operasi tersebut, diharapkan agar masyarakat lebih sadar bahwa sampah visual yang terpasang tidak pada tempatnya dapat mengganggu fungsi fasilitas jalan dan rambu-rambu lalu lintas.

Oleh karena itu disampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat agar turut menjaga fasilitas perlengkapan jalan agar berfungsi optimal diantaranya dengan tidak memasang banner, pamphlet, papan iklan, reklame. Silakan memasangnys pada tempat yang telah ditentukan.