Dishubkominfo Gelar Operasi Gabungan Jaring Angkutan Barang Pelanggar Muatan

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo bersama Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika D.I.Yogyakarta, Detasemen Polisi Militer, Satpol PP dan Satlantas PolresKulon Progo menggelar operasi gabungan penegakan hukum di jalan wilayah Kabupaten Kulon Progo. Operasi ini diharapkan menciptakan ketertiban lalu lintas dan mencegah kerusakan jalan yang diakibatkan kelebihan muatan. Dalam operasi gabungan yang melibatkan PPNS dengan mengoperasikan timbangan portable sehingga mudah dipindahkan dari satu titik ke titik yang lain.

Operasi rutin ini dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2014 di ruas Jalan Tawangsari Pengasih yang merupakan jalan alternatif Wates-Purworejo. Dari 78 unit kendaraan angkutan barang yang terjaring dengan sebanyak 15 kendaraan yang terbukti melakukan pelanggaran. Operasi juga digelar pada tanggal 21 Agustus 2014 di ruas jalan Sentolo-Kalibawang tepatnya Ploso, Sentolo yang menjaring 97 kendaraan dan menindak 26 pelanggar.


Kepala Seksi Operasional dan Pengendalian, Sukirno, SIP, MM, menjelaskan sesuai arahan Kepala Dinas, Dishubkominfo Kabupaten Kulon Progo bertekad meningkatkan frekuensi dan kualitas kegiatan operasional ini sebagai upaya penegakan UULLAJ dan bukti kepada masyarakat bahwa Dishubkominfo tidak akan membiarkan pelanggaran muatan terjadi. Dalam kegiatan ini tidak hanya pelanggar muatan namun pelanggaran Uji Berkala dan kelengkapan lainnya juga ditindak. Kepada pelanggar diberikan Surat Bukti Pelanggaran dan penyitaan tutup bak belakang.