PALANG PINTU PERLINTASAN KERETA API

    DISHUB KP- Agar perjalanan kereta api menjadi aman dan lancar di setiap perlintasan sebidang dibuat palang pintu perlintasan dan petugas yang berjaga. Di kabupaten Kulon Progo terdapat enam (6) perlintasan sebidang resmi, tiga diantaranya di isi oleh SDM Dinas Perhubungan yaitu PJL 683 di Jalan Moh. Dawam, PJL 678 di Jalan Tentara Pelajar, dan PJL 659 di Jalan Kyai H. Moh. Yunus Anis.

     PT KERETA API Daop 6 Yogyakarta menambah jadwal perjalanan Kereta Api Bandara relasi stasiun Yogyakarta Internasional Airport - stasiun Wates - stasiun Yogyakarta mulai  Rabu, 24 November 2021 penambahan jadwal KA Bandara YIA semula 8 perjalanan sekarang menjadi 20 perjalanan. Untuk menikmati layanan KA Bandara YIA tidak diwajibkan melakukan skrining dengan antigen. Namun jangan khawatir, seperti pada perjalanan KA lainnya penerapan protokol kesehatan di KA Bandara YIA juga diberlakukan sangat ketat

   Seiring bertambahnya perjalanan kereta api, penambahan kecepatan kereta api, dan memasuki musim penghujan dihimbau masyarakat selalu berhati-hati saat memasuki perlintasan sebidang dan mematuhi rambu lalu lintas.

   Hal itu guna mengamankan perjalanan kereta api serta jiwa pengguna jalan sesuai Permenhub Nomor 72 tahun 2009 tentang lalu lintas dan Kereta Api pasal 110 ayat 1 pada perpotongan sebidang antara jalur kereta api dengan jalan yang selanjutnya disebut dengan perpotongan sebidang yang digunakan untuk lalu lintas umum atau khusus.

   Pemakai jalur wajib mendahulukan perjalanan kereta api. Sehingga pengguna jalan wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai menutup, dan/atau isyarat lain, mendahulukan perjalanan kereta api, serta memberikan hak utama pada kendaraan yang lebih dahulu melintasi rel.