OPERASI YUSTISI ERA ADAPTASI KEBIASAAN BARU

        Setelah sempat terhenti karena pandemi covid-19,  Dishub Kabupaten Kulon Progo kembali menggelar Operasi Yustisi. Operasi Yustisi perdana pada era adaptasi kebiasaan baru digelar di jalan Derwolo Kapanewon Pengasih. Operasi  dilaksanakan Senin, 10 Agustus 2020 secara terpadu bersama Polri dan Satpol PP. Sasaran operasi lebih ditujukan penegakan aturan di bidang lalu lintas terutama berkait dengan angkutan orang dan barang.

        Dilokasi kegiatan  R. Sukirno, MM Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kulon Progo mengemukakan bahwa masih banyak ditemui pelanggaran. Ada yang kir mati ataupun pelanggaran dimensi. Kalau yang pelanggarannya tidak terlalu prinsip langsung diadakan pembinaan ditempat agar ke depan lebih disiplin. “Tapi kalau yang pelanggarannya prinsip dan membahayakan keselamatan kecuali pembinaan juga langsung ditilang”, tambah R. Sukirno, MM. Kecuali penegakan aturan lalu lintas juga sekaligus pendisiplinan pengendara terkait dengan protokol covid - 19, karena masih ada beberapa pengendara yang tidak memakai masker.

      Secara terpisah Drs. L. Bowo Pristiyanto,  Kepala Dishub Kulon Progo mengemukakan bahwa Operasi Yustisi Di Bidang Lalu Lintas ini akan digelar secara terus menerus di berbagai tempat di Kabupaten Kulon Progo. “Operasi Yustisi ini kecuali digelar oleh Dishub Kulon Progo, juga akan dilaksanakan penegakan disiplin lalu lintas yang akan dikoordinir oleh Dinas Perhubungan DIY, namun kapan dan di mana tempatnya masih dirahasaikan”, tambah Drs. L. Bowo Pristiyanto di ruang kerjanya. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo juga menghimbau kepada para pengendara angkutan orang dan terutamanya angkutan barang untuk benar-benar mematuhi ketentuan baik batas tonase ataupun dimensi kendaraan.

@cs