LINI DEPAN DISHUB SIAPKAN LANGKAH ANTISIPATIF PENYEBARAN COVID-19

Berkait dengan merebaknya isu penyebaran Virus Corona, Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo Hari Senin siang tanggal 16 Maret 2020 menggelar rapat khusus sebagai langkah antisipatif. Rapat dilaksanakan di Ruang Rapat Apill Dinas Pehubungan Kabupaten Kulon Progo. Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Drs.L.Bowo Pristiyanto. Dalam rapat tersebut hadir para Pengelola Terminal,Organda, Pengurus Angkutan On Line baik roda 4 maupun roda 2. Rapat juga dihadiri oleh unsur-unsur dinas perhubungan para kepala bidang dan kepala UPT.

Dalam rapat tersebut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo L.Bowo P menuturkan, bahwa karena pola pelayanan Dinas Perhubungan banyak bersentuhan langsung dengan khalayak, seperti di terminal terminal, Unit Pengujian Kendaraan Bermotor, Operasi Pengendalian Lapangan dan layanan penumpang, maka perlu diambil langkah-langkah antisipasi untuk meminimalisir kemungkinan para petugas tertular. Dan juga tentu agar tidak terjadi proses saling menularkan jika ada pelanggan pelayanan yang memiliki potensi menyebarkan virus dimaksud.

Dalam rapat tersebut juga ditekankan oleh Kepala Dinas Perhubungan agar para petugas di lapangan selalu menjaga stamina dan kebugaran dirinya dengan pola hidup yang sehat. Asupan makanan berkualitas dan istirahat cukup. Kecuali hal tersebut juga dihimbau agar para pengelola terminal dan UPT PKB untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat pelayanannya masing-masing. Tentu juga harus menyediakan peralatan kebersihan diri bagi para pelanggan yang datang. Syukur ada papan pengumuman himbauan untuk berperilaku sehat bagi para pengunjung. Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Perhubungan juga meminta agar para petugas menguasai informasi tempat rujukan medis terdekat, jika ada pengunjung tidak fit kondisi kesehatannya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Organda Kabupaten Kulon Progo, Drs Djuwardi meyambut baik langkah ini dan akan berupaya mengedukasi anggotanya, agar tetap melayani penumpang tapi dengan kehati hatian yang tinggi dan selalu menjaga kebersihan armadanya. Senada juga komunitas angkutan on line menyambut baik langkah-langkah yang diambil oleh Dinas Perhubungan ini.