PEMBINAAN KIM OLEH DISHUBKOMINFO DI NANGGULAN DAN LENDAH

Kelompok Informasi Masyarakat(KIM)  jauh dari popularitasnya sebagai kelompok pioner  yang  sangat berperan dalam masyarakat, kelompok ini memang tidak sepopular Klompencapir di masa itu. KIM sangat berperan aktif dalam penyampaian semua informasi  baik program dari pemerintah/ instansi maupun  selain pemerintah. 

Dishubkominfo sebagai SKPD  yang mengampu kegiatan pembinaan KIM(Kelompok Informasi Masyarakat) telah melakukan pembinaan KIM pada Tahun 2013 dan dilanjutkan kembali pada Tahun 2015. Diawal Tahun 2015 pembinaan KIM telah dilaksanakan pada 3 kelompok KIM yang ada di dua kecamatan yaitu Kecamatan Nanggulan dan Kecamatan Lendah. Dishubkominfo memfasilitasi kebutuhan informasi masyarakat dengan bekerjasama mengundang  Narasumber- narasumber  dari instansi  yang memberikan secara langsung informasi yang dibutuhkan dalam kegiatan pembinaan KIM seperti dari BPJS, Dinas Kepenak, Dinas Kesehatan serta Kepolisian.

Pembinaan KIM di Kecamatan Naggulan  telah dilaksanakan pada KIM Ngrojo Mulyo , Desa Kembang, Nanggulan  awal  bulan Februari 2015. Pada pembinaan KIM ini, Dishubkominfo mengundang dan bekerjasama  dengan POLSEK Nanggulan, BPJS Kesehatan dan KPAD(Komisi Penanggulangan Aids Daerah).  Kapolsek Nanggulan Bapak Dahlan memberikan informasi tentang keamanan dan ketertiban masyarkat tentang penyalahgunaan narkoba, perjudian, minuman keras, perselingkuhan dan himbauan  tentang pembelian kendaraan bermotor harus disertai dokumen yang lengkap. KPAD (Komisi Penanggulangan Aids Daerah) yang diwakili oleh Bapak Arif Mustofa menyampaikan tentang pengertian Aids, cara penularan dan pencegahannya. Dalam acara ini BPJS Kesehatan yang di wakili oleh Bapak Agus Tri Utomo menyampaikan tentang pemahaman BPJS kesehatan, cara pendaftaran dan manfaat BPJS. Peserta KIM sangat antusias dalam sosialisasi ini. Karena banyak warga masyarakat yang belum paham dalam menggunakan kartu BPJS ataupun dalam pengurusan kartu tersebut.

Pada bulan Maret 2015 Dishubkominfo melaksanakan kegiatan Pembinaan KIM di Lendah yaitu untuk KIM Kharisma dan KIM Ngudi Lestari, dengan mengundang Narasumber dari Dinas Kepenak dan KPAD. Dinas Kepenak yang diwakili oleh Bapak Tri Mardani meyampaikan tentang kesehatan lingkungan dan peternakan baik sapi ayam ataupun domba serta cara pengolahan limbah peternakan yang aman dan bermanfaat bagi masyarakat. KPAD dalam pembinaan ini meyampaikan tentang pemahaman Aids, cara pencegahan , dampak aids serta informasi peningkatan penderita Aids di Kabupaten Kulon Progo.  Dalam penyampaian informasi ini Dishubkominfo sebagai SKPD pengampu kegiatan berharap agar informasi yang disampaikan dapat dipahami dan di sampaikan kembali kepada masyarkat disekitarnya, yang akhirnya akan tercipta masyarkat Kulon Progo yang tanggap dan berwawasan