Deskripsi Opsdal LLAJ

KEGIATAN OPERASIONAL, PENGAWASAN PENGENDALIAN DAN PENGAMANAN LALU LINTAS

 

                   

BENTUK KEGIATAN:

  • Pengawasan Angkutan Barang
  • Kegiatan pembinaan angkutan di terminal dam sub terminal
  • Operasi PPNS Terpadu

DASAR HUKUM:

  1. Undang - Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan.
  2. Perda Nomor 8 Tahun 2000 tentang Pengujian Kendaraan Bermotor.
  3. Perda Nomor 4 Tahun 2000 tentang Izin Trayek.

A. Pengawasan Angkutan Barang.

Kegiatan ini dilaksanakan intern personil Dishubkominfo, yaitu dengan melakukan pengawasan terhadap kendaraan - kendaraan angkutan barang. Biasanya kendaraan tersebut kelebihan muatan/overload dan melewati jalan - jalan yang tidak sesuai dengan kelas jalannya.

B. Kegiatan Pembinaan Angkutan di Terminal dan Sub Terminal.

kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk mengawasi agar setiap kendaraan angkutan umum yang beroprasi di jalan memenuhi persyaratan layak jalan dan memiliki izin angkutan.

C. Kegiatan Operasi PPNS Terpadu.

Kegiatan ini dilaksanakan Dishubkominfo Kabupaten Kulon Progo bersama-sama dengan Kepolisian, Denpom, Dishub Provinsi DIY dan Satpol PP.

adalah kegiatan rutin dan insidental guna pengendalian angkutan barang dan angkutan orang. Pengendalian angkutan barang dengan sasaran kelebihan tonase/overload, demensi kendaraan dan tata cara permuatan dan uji emisi gas buang kendaraan.

Peralatan operasi yang digunakan dalah timbangan portable, dan perlengkapannya, alat uji smoke tester dan alat ukur dimensi.

 

Permasalahan dan Kendala :

Selama ini Dishubkominfo Kabupaten Kulon Progo belum bisa mengadakan kegiatan operasi secara mandiri karena memiliki timbangan portable sendiri. Juga belum memiliki kendaraan angkutan yang mengangkut peralatan operasi. pendukung operasi dan personil.