DISHUB KP, ASAH KEMAMPUAN 12 GERAKAN LALIN

Jumat, 11 Oktober 2019, guna mengoptimalkan dan mengasah kemampuan seluruh pegawai, Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo melaksanakan pelatihan pengaturan lalu lintas. Pelatihan ini sebagai wujud pelayanan kepada masyarakat agar terciptanya keamanan, keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltib carlantas) bagi pengguna jalan. dengan dipandu rekan dari Polres Kulon Progo, ASN dan THL Dishub Kulon Progo melaksanakan latihan 12 gerakan pengaturan lalu lintas di halaman Kantor Dishub Kulon Progo pukul 07.30 WIB. Latihan 12 Gerakan lalu lintas tersebut dipimpin langsung Aiptu Bambang Suryono SH dari Kaurminops Satlantas dan Bripka Rachmat Rismiyanto dari Banit Dikyas Satlantas Polres Kulon Progo.

Perlu diketahui bahwa 12 gerakan pengaturan Lalu lintas terdiri dari 5 gerakan memperhentikan/Stop, 3 gerakan menjalankan, 2 gerakan mempercepat dan 2 gerakan memperlambat. Dalam kesempatan tersebut, direfleksikan kembali terkait 12 gerakan pengaturan yakni gerakan menghentikan diantaranya menghentikan arus kendaraan dari semua arah, arah tertentu, arah depan, arah belakang, arah depan dan belakang, juga gerakan menjalankan yakni menjalankan arus kendaraan dari arah kanan dan dari arah kiri serta gerakan mempercepat dan memperlambat dari arah kanan dan kiri petugas.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo Drs.L.Bowo Pristiyanto mengatakan latihan ini dilaksanakan untuk merefleksi dan penyegaran kembali gerakan pengaturan lalu – lintas. Diharapkan seluruh pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo dalam pelaksanaan tugas khususnya dalam melakukan pengaturan dapat menampilkan gerakan yang benar dan lebih tegas serta jelas agar mudah dipahami oleh masyarakat.”