PERSIAPAN DISHUB KULON PROGO JELANG MUDIK LEBARAN 2019

Fenomena mudik menjelang hari raya Idul fitri 1440 Hijriyah akan terjadi sebentar lagi, dan sudah merupakan agenda tahunan. Dalam perjalanannya selalu ada hal yang tak terduga seperti kemacetan dan kecelakaan. Sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo mengambil langkah antisipasi terjadi kecelakaan dan penumpukan kendaraan bermotor yang dimungkinkan akan terjadi di Kulon Progo jelang lebaran dan pasca lebaran dengan menyiapkan sejumlah rambu lalu lintas, banner keterangan jalur alternatif, Daerah Rawan Kecelakaan, Lokasi Rest Area, Perlintasan Tak Berpalang dan bekerjasama dengan Satlantas Polres Kulon Progo dalam melakukan rekayasa lalu lintas.

Sebagaimana kita ketahui bahwa pada saat ini di Kabupaten Kulon Progo masih berlangsung proses konstruksi Proyek Strategis Nasional yaitu pembangunan Bandara Yogyakarta Internasional Air Port (YIA) yang di dalamnya include proses pengerjaan underpass Jalan Dandeles yang terletak "dibawah" bandara, Hal ini praktis akan berimbas pada jalur jalan arus mudik. Karena dengan demikian jalan di wilayah Kulon Progo dari arah barat terjadi penumpukan kendaraan.

Menurut Drs. Hera Suwanto, M.M selaku Kabid Angkutan dan Lalu Lintas Jalan, akan melakukan antisipasi seperti memasang banner pada daerah rawan kecelakaan, perlintasan tak berpalang pintu dan petunjuk jalur alternatif di enam titik lokasi guna keselamatan, kenyamanan dan kelancaran perjalanan pemudik telah disiapkan beberapa hal antara lain:

1.   Jalur Alternatif Jurangkah – Pripih - Jombokan -Dalangan - Wates   - Yogyakarta (Jalan kurang bagus, masih bisa dilalui)

2.   Jalur Alternatif S3 Demen - Glagah - Brosot - Bantul (Jalan cukup bagus)

3.    Jalur Alternatif Sogan - Karangwuni - Brosot - Bantul (Jalan cukup bagus)

4.    Jalur Alternatif Toyan - Bendungan - Brosot - Bantul (Jalan cukup bagus)

5.    Jalur Alternatif Tugu Pensil Kenteng – Cangakan - Brosot - Bantul (jalan dalam perbaikan)

6.    Jalur Alternatif S3 Ngeplang - Nanggulan - Kalibawang  -Magelang (Jalan cukup bagus)

“Selain memasang banner petunjuk jalur alternatif, Dinas Perhubungan juga akan memasang banner Petunjuk Rest Area di beberapa titik lokasi seperti:

1.    Sindutan Temon,

2.    Masjid Nurul Huda, Temon

3.    Spbu Sogan

4.    Jembatan Timbang Kulwaru, Wates,

5.    Posko Dinas Perhubungan Kulon Progo yaitu di depan kantor Dishub

6.    Masjid Agung Wates,

7.    Depan Balai Desa Kedungsari, Pengasih

8.    Pasar Baru Sentolo dan

Pemasangan Rambu bolek kiri jalan terus :

1.    S3 Toyan dari arah Purworejo (arah Barat)

2.    S3 Depan Terminal Wates dari arah Jogja (arah Timur)

3.    S3 milir dari arah Jogja (arah Timur)

4.    S3 Kenteng (Tugu Potlot) dari arah barat

5.   S3 Ngeplang Sentolo dari arah Wates menuju Nanggulan (arah Barat)

 

 “Perbaikan LPJU yang mati di Jalan Kabupaten, jalan Provinsi dan di Jalan Nasional terutama pada LPJU yang dipasang oleh Dishub Kulon Progo. Masyarakat juga tidak perlu khawatir dalam melakukan perjalanan kami Dinas Perhubungan Kulon Progo juga menyediakan tenda tertutup untuk istirahat pemudik, Info hotline layanan kesehatan dan bengkel kendaraan bermotor.” Ujarnya

Selanjutnya Drs. Hera Suwanto, M.M menambahkan bahwa dalam persiapan jelang Lebaran Dinas Perhubungan akan mengerahkan sebanyak 40 personil bertugas selama H-7 sampai H+7 selama 24 jam terbagi dalam 3 Shift meliputi shift I: pukul 06.00-14.00 WIB, shift II: pukul 14.00-22.00 WIB dan shift III: pukul 22.00-06.00 WIB).

Dihimbau kepada seluruh pengguna jalan agar lebih hati-hati dan patuhi rambu serta banner peringatan yang sudah terpasang. Sehingga bisa terhindar dari kecelakaan lalu lintas di jalur rawan kecelakaan serta mampu memberikan rasa aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan.