Dinas Perhubungan Menggelar Rakor Persiapan Pelayanan Idul Fitri 1440 H

Senin, 20 Mei 2019 Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pelayanan Hari Raya  Idul Fitri 2019. Rapat ini merupakan kali ke 3, setelah sebelumnya menyelenggarakan rapat serupa. Pertemuan ini dihadiri berbagai OPD dan lembaga yang terkait dengan pelayanan arus mudik dan arus balik, seperti Polres, Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum, Kecamatan, Angkasa Pura, PT PP, ORARI dan beberapa organisasi relawan.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Kulon Progo Drs.L.Bowo Pristiyanto tersebut untuk memastikan kesiapan berbagai stakeholder terutama yang berkaitan dengan kelancaran arus lalu lintas.

Salah satu hal yang mendapat perhatian serius adalah tentang antisipasi kemungkinan terjadi kemacetan di seputar bandara baru. Selain  diprediksi ada penambahan flight, juga diseputaran bandara akan menjadi titik temu arus lalu lintas jalur selatan selatan dengan jalur jalan nasional. Penyebabnya karena jalur Jalan Daendels masih dalam proses konstruksi sehingga untuk saat ini masih belum bisa difungsikan.

Pada kesempatan tersebut Ka Sat Lantas Polres Kulon Progo menuturkan, bekerja sama dengan PT PP dan pihak bandara akan membangun Pos Pam di lokasi dimaksud untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan, disamping pos pos lain yang sudah mulai didirikan seperti Pos Depan Terminal, Pasar Baru Sentolo dan berbagai tempat yang lain.

Di lingkungan Terminal Wates juga didirikan pos terpadu yang melibatkan pihak Kepolisian, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan Saka Bhayangkara. Fasilitas pelayanan kesehatan dasar bagi pemudik  disiagakan di salah satu ruangan . selain itu Dinas Kesehatan juga memberikan pelayanan kesehatan selama 24 jam di Puskesmas dan Rumah Sakit yang ditunjuk..

Tempat - tempat wisata juga memperoleh perhatian serius, karena diperkirakan beberapa destinasi akan mendapatkan limpahan pengunjung, seperti obyek wisata Bendung Kamijoro, Pantai Glagah, Kalibiru, Pule Payung, Kebun Teh Nglinggo dan lain-lain. Keterpaduan antara pengelola Wisata, Dishub KP dan Polres diharapkan mampu mengurai permasalahan seputar kemacetan lalu lintas.

Berbagai OPD menyatakan kesiapannya dalam melayani dan mengantisipasi berbagai kemungkinan berkait dengan pelayanan Lebaran kali ini. Pada kesempatan yang sama Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kulon Progo Hera Suwanto  mengungkapkan bahwa Dinas Perhubungan Kulon Progo akan membangun Pos Pam yang berlokasi di Jalan Nasional tepatnya di Jalan KHA. Dahlan Km 2.2. Pos tersebut akan mulai digelar H - 7 sampai dengan H + 7 selama 24 jam. Pos tersebut akan  lebih berfungsi sebagai pusat layanan data seputar lebaran seperti kepadatan lalu lintas, informasi seputar layanan kesehatan, perbengkelan dan info layanan kedaruratan yang lain seperti rambu, APILL, PJU dan lain-lain. (Cepet. S)