DISHUB KULON PROGO RUTIN ADAKAN OPERASI GABUNGAN PPNS

Rabu, 20 Maret 2019 Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo menggelar operasi gabungan penegakan hukum di ruas jalan Perwakilan Kota Wates Kabupaten Kulon Progo. Penindakan dilakukan oleh petugas Dishub yang dipimpin langsung oleh KaSi OpsDal Bekti Nurada S.Sos, bersama Satpol PP, BKAD dan Satlantas Polres Kulon Progo.

 

  Dari 56 kendaraan yang terjaring Razia dalam operasi gabungan PPNS sebanyak 37 kendaraan yang terbukti melakukan pelanggaran terdiri atas 3 kendaraan terlambat uji KIR, 3 Kendaraan kelebihan dimensi, 3 pengemudi tidak memiliki SIM, dan 24 pengendara tidak membawa STNK. Truk yang melebihi batas tonase dan izin kirnya sudah kedaluwarsa diberi surat bukti pelanggaran (tilang). Petugas menyita surat tanda nomor kendaraan (STNK) sebagai barang bukti sidang tilang dan denda di Pengadilan Negeri dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Kulon Progo. Kebanyakan kendaraan angkutan barang melanggar batas tonase yang akan berdampak pada kerusakan jalan karena beban tonasenya melebihi kapasitas ruas Jalan Perwakilan yang termasuk pada kelas jalan III.

 

Operasi gabungan PPNS ini merupakan operasi rutin dilakukan dalam upaya penegakan UULLAJ dan bukti kepada masyarakat bahwa Dishub Kabupaten Kulon Progo tidak akan membiarkan pelanggaran muatan terjadi lagi. Tindakan ini dilakukan dengan harapan kerusakan jalan dalam kota bisa diminimalisir.