PEMBERSIHAN SAMPAH VISUAL DI JALAN KABUPATEN

Selasa, 12 Maret 2019 Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo melaksanakan kegiatan pembersihan sampah Visual yang berupa iklan, banner, baliho dan pamflet yang menempel pada sarana dan prasarana lalu lintas/ alat Perlengkapan Jalan di wilayah Kabupaten Kulon Progo. pelaksanaan operasi kali ini difokuskan di beberapa ruang jalan di kecamatan Wates, Pengasih, Sentolo, Lendah, dan Galur.  Hal ini dilakukan karena semakin maraknya sampah visual yang terdapat di sejumlah sarana dan prasarana lalu lintas sehingga mengganggu optimalisasi infrastruktur lalu lintas.

Menurut Kepala Bidang Lalu lintas Drs. Hera Suwanto, M.M, pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo selama ini secara rutin sudah melakukan pembersihan sampah visual. Walaupun sudah dilakukan pembersihan rutin ternyata masih banyak pula sampah visual yang berada di APIIL, Rambu, dan LPJU. Khusus untuk APILL penempelan iklan, banner, pamfet dirasa sangat mengganggu dikarenakan menghalangi pandangan pengendara/pengemudi dan mengalihkan konsentrasi pengguna jalan. Drs. Hera Suwanto, M.M juga menambahkan dengan dipasangnya pamflet dan banner pada APILL akan mengganggu kinerja dari APILL itu sendiri dan bisa menimbulkan kerusakan.

Melihat banyaknya sampah visual yang ditemukan,  Dishub Kulon Progo akan memperbanyak patroli untuk mencegah terjadinya penempelan sampah visual semacam ini. Dihimbau kepada masyarakat agar turut serta dalam menjaga fasilitas perlengkapan jalan supaya berfungsi optimal,  seperti tidak memasang sampah visual pada fasilitas lalu lintas.