DISHUB KULON PROGO LAKSANAKAN SURVEI FASILITAS PERLENGKAPAN JALAN

Faktor keselamatan (safety) jalan raya menjadi salah satu tanggung jawab pemerintah Kabupaten Kulon Progo karena dalam penyelenggaraan transportasi merupakan kebutuhan masyarakat. Keselamatan, keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas kendaraan dijalan, merupakan tujuan utama dari sistem transportasi di jalan selain untuk mendukung kegiatan ekonomi yang lebih produktif. Tujuan tersebut dapat dipenuhi dengan dukungan perlengkapan jalan yang ditempatkan pada lokasi yang tepat diseluruh jaringan ruas jalan yang ada di Wilayah Kulon Progo.

Melalui pemberitaan media sosial, lambat laun pengunjung ke beberapa obyek wisata Nglinggo yang berada di Wilayah Kabupaten Kulon Progo terus meningkat. Sejalan dengan peningkatan jumlah wisatawan, kebutuhan sarana dan prasarana jalan harus diimbangi dengan fasilitas perlengkapan jalan yang lengkap.

Kamis, 28 februari 2019, Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo melalui Seksi Perlengkapan Jalan yang dikoordinasi oleh Nur Sigit Basri Saleh, S.SIT selaku Kepala Seksi Pemeliharaan Perlengkapan Jalan dengan di bantu oleh pengelola obyek wisata Nglinggo melaksanakan survei kebutuhan fasilitas perlengkapan jalan pada ruas jalan Plono, Nglinggo serta Suroloyo di wilayah Kabupaten Kulon Progo.

Survei fasilitas perlengkapan jalan sebagai salah satu cara/metoda untuk menentukan titik lokasi pemasangan fasilitas perlengkapan jalan pada lokasi yang rawan kecelakaan. Jalan yang akan menuju ke obyek wisata cukup terjal mengakibatkan tidak sedikit warga atau wisatawan yang mengalami kecelakaan karena minimnya fasilitas perlengkapan jalan berupa rambu lalu lintas, guardrail, cermin tikung, dll. Dengan dilaksanakan survei kebutuhan fasilitas perlengkapan jalan, tindak lanjutnya  diharapkan mampu menciptakan kondisi lalu lintas yang lebih baik, meningkatkan ketertiban, keamanan, kelancaran, keselamatan berlalu lintas bagi para pengguna jalan.