Pelaku Angkutan Wisata Nglinggo Sambut Baik Pembinaan dari Dishub KP

Senin, 18 Februari 2019 Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo bersama dengan Organda  Kulon Progo mengadakan Pembinaan Angkutan Wisata putaran yang ke dua. Setelah pekan kemarin mendatangi kawasan Clereng, kali ini menyasar obyek wisata Kebun Teh  Nglinggo, Tritis dan sekitarnya. Pertemuan berlangsung di Pelataran Parkir Obyek Wisata Kebun Teh Nglinggo. Acara tersebut di hadiri oleh para pelaku Angkutan Wisata, Kepala Dinas Perhubungan Drs. Lucius Bowo Pristiyanto, Kepala Bidang Angkutan  dan Perparkiran Arif Martono, S.Si,  M.Si,   Ketua Organda Kulon Progo Drs. Djuwardi dan Jajaran staf Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo.

Pada acara tersebut terjadi dialog yang sangat intens antara komunitas pelaku usaha wisata yang dimotori oleh Melky, Dwi dan Kukuh, Dinas Perhubungan dan Organda. Mulai dari soal ijin usaha, keselamatan, etika pelayanan wisatawan hingga ke persoalan modifikasi jenis angkutan wisata.

Selain itu, Ketua Organda Kulon Progo Drs. Djuwardi menyambut gembira atas kreativitas dan prakarsa para pelaku usaha angkutan wisata di seputar obyek wisata Nglinggo dan Tritis yang nota bene terdiri dari kalangan muda, dengan segala keterbatasannya sudah berupaya dengan semaksimal mungkin  melayani wisatawan. Pada kesempatan tersebut Pak Jujuk (panggilan akrab beliau) juga mengemukakan siap menjembatani para pelaku usaha ke berbagai stakeholder untuk mengembangkan usaha tersebut.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Perhubungan Drs.Lucius Bowo Pristiyanto menyampaikan beberapa pesan tentang bagaimana melayani wisatawan, mulai dari persoalan keselamatan, kenyamanan, etika dan hal-hal yang berkaitan dengan penguasaan materi obyek wisata yang harus dikuasai oleh kru angkutan. Kru angkutan wisata tidak sebatas mengantar wisatawan dari satu tempat ke tempat yang lain. Karena pada saat-saat tertentu harus sekaligus mampu juga "mengguide" wisatawan. (Cepet Subowo).