Lulus Kalibrasi Alat Uji, Memacu UPT PKB Dishub Kulon Progo berikan Pelayanan Lebih Baik Kepada Mas

Mengujikan kendaraan secara berkala merupakan kewajiban yang harus dilakukan pemilik KBWU(Kendaraan Bermotor Wajib Uji) angkutan umum, orang dan barang. Peralatan pengujian kendaraan merupakan bagian penting, dimana dalam pengujian kendaraan dibutuhkan berbagai alat yang akan menentukan apakah suatu kendaraan layak jalan atau tidak. Untuk peralatan pengujian kendaraan bermotor terdapat standard yang harus dipenuhi agar terdapat jaminan bahwa kendaraan yang diuji benar-benar layak jalan. Kehandalan dan keakuratan peralatan yang digunakan untuk melakukan pengujian kendaraan bermotor harus distandarkan melalui kalibrasi secara rutin. Kalibrasi adalah serangkaian kegiatan mengukur keakuratan alat pengujian kendaraan bermotor berdasarkan kondisi standar. Tujuan kalibrasi sendiri adalah untuk menjamin peralatan yang digunakan dalam pengujian kendaraan bermotor tetap dalam kondisi baik, dengan demikian setiap tahun peralatan yang ada di UPT PKB Dishub Kab. Kulon Progo selalu dilakukan kalibrasi oleh Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan.

 Dalam rangka memenuhi standar pelayanan kendaraan bermotor kepada masyarakat, Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo pada tanggal 9 Oktober 2018 telah menerima  Surat Keterangan Hasil Kalibrasi (SKHK)  dari  Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat) terhadap seluruh alat uji yang dimiliki UPT PKB Dishub Kab. Kulon Progo.

Pengujian kalibrasi alat uji telah dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 21 Agustus 2018 di UPT PKB Dishub Kab. Kulon Progo, yang dilakukan oleh 3 orang Petugas Kalibrasi Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat) yaitu Edi Wibowo, ST; Karsi, SE, MAP; dan Danang Sigit Nugroho. Secara langsung proses pemeriksaan dan kalibrasi alat uji didampingi oleh Kepala UPT PKB Kulon Progo, Iwan Margani, ST beserta Staf Fungsional. Pemeriksaan dan kalibrasi alat uji meliputi pemeriksaan pada sembilan jenis alat uji, meliputi: alat uji emisi CO-HC, speedometer tester, slide slip tester, brake tester & axle load tester, tint tester, headlight tester smoke tester dan soundlevel meter dengan hasil keseluruhannya akurat dan sah untuk digunakan sebagai alat pengujian kendaraan bermotor.

Kalibrasi alat uji ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelayanan kepada masyarakat dan berdasarkan pada Peraturan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat nomor : SK2405/AJ.402/DRDJ/2014 tentang Standard Operasional Prosedur Pelaksanaan Kalibrasi Peralatan Pengujian Bermotor. Dengan diterimanya Surat Keterangan Hasil Kalibrasi (SKHK) ini akan menjadikan semangat baru bagi petugas UPT PKB Dishub Kab. Kulon Progo untuk melaksanakan pelayanan pengujian kendaraan bermotor, karena hasil dari pengujian sudah tidak diragukan lagi keakuratannya.

Pada tahap selanjutnya, dengan diterbitkannya SKHK juga merupakan salah satu persyaratan yang ditetapkan untuk memenuhi Akreditasi Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor itu sendiri. Akreditasi Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor adalah proses pemberian pengakuan formal yang menyatakan bahwa suatu unit pelaksana uji berkala kendaraan bermotor telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan pengujian berkala kendaraan bermotor. Kedepan, pelayanan pengujian kendaraan bermotor di Kab. Kulon Progo diupayakan semakin baik dari sisi kuantitas dan kualitasnya dalam melakukan uji kendaraan bermotor sebagai sarana untuk mengetahui kelaikan kendaraan bermotor sehingga keselamatan berlalu lintas dijalan akan lebih terjamin.